Subscribe to RSS Feed

Friday 2 September 2011

Bagaimana Transport Layer Bekerja

Transport layer adalah layer yang bertanggung jawab dalam mengantarkan packet data ke suatu alamat tertentu. Coba kita bayangkan, ketika kita membuka suatu email. Bagaiamana email tersebut bisa sampai sedangkan terdapat berbagai multipel koneksi yang ada di internet...?

Perbedaan Antara TCP dan UDP

Ada dua jenis protokol yang digunakan untuk mengirimkan data yaitu TCP dan UDP. TCP adalahn singkatan dari Transmission Control Protocol. TCP lebih stabil dibandingkan UDP serta di dalamnya terdapat error checking terhadap pengiriman data. Sedangkan UDP merupakan singkatan dari User Datagram Protocol. UDP tidak stabil dan tidak ada error checking, akan tetapi pengiriman paket UDP lebih cepat dibandingkan TCP.




Karena TCP menjamin setiap pengiriman data maka ia disebut sebagai Connection - Oriented protocol. Sedangkan kebalikannya UDP tidak menjamin setiap pengirim paket data, maka ia disebut sebagai connectionless protocol.

Bagaimana Transport Protokol Bekerja

Port secara sederhana merupakan suatu internal address yang bertindak sebagai suatu jalur untuk mengontrol aliran data. Kita membutuhkan satu port untuk satu aplikasi tertentu, jadi di dunia ini terdapat banyak sekali port. Contohnya adalah ketika kita melakukan surfing di internet maka data melalalui port 80. Port inilah yang dikenal dengan HTTP - port.

Jadi sekarang kita mengetahui dua hal. Yang pertama yaitu IP yang berguna agar paket data bisa sampai pada komputer tertentu. Kemudian yaitu port yang berguna agar komputer mengetahui aplikasi apa yang harus ditangani untuk paket data tersebut.
Agar dua hal ini dapat bekerja maka diperlukan yang namanya socket. Dengan adanya socket ini memungkinkan terjadinya multiplexing dan demultiplexing.



0 comments:

Post a Comment